Senin, 05 Maret 2012

Masih Banyak Guru Belum Paham PTK

BEKASI (Pos Kota) – Masih banyak guru, baik tingkat TK, SD, SMP hingga SMA yang belum sepenuhnya memahami apa itu Penelitian. Tindakan Kelas (PTK). Padahal guru PNS yang ingin mengajukan kenaikan golongan, PTK ini menjadi syarat wajib yang harus dilaksanakan.
Bisa jadi karena kegiatan menulis belum mendarah daging di kalangan guru-guru. Hal inilah yang juga menjadi sebab mengapa Guru PNS sulit mencapai pangkat di atas IV/A karena kemampuan guru membuat karya tulis ilmiah masih rendah.
Demikian yang mengemuka pada workshop PTK yang digelar Prima Edutama pimpinan Suparjan HR Kartono, event organizer (EO) yang peduli akan perkembangan pendidikan, di Aula SMAN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Sabtu (18/2/2012). Nara sumber dua juara kompetensi PTK tingkat Nasional, Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd dan Drs Dedi Dwitagama M.Sc.
“Sebagai awalan untuk meningkatkan semangat dan kemampuan menulis, disarankan agar guru-guru memiliki blog pribadi. Karena jika sudah terbiasa, pembuatan KTI pun akan mudah dilakukan,” kata Wijaya Kusumah yang akrab dipanggil Omjay di dunia maya seperti blog dan jejaring sosial lainnya.
“Hal inilah yang juga menjadi penyebab mengapa guru Pegawai Negeri Sipil  sulit mencapai pangkat di atas golongan IV/A. Itu karena salah satunya, kemampuan guru membuat karya tulis ilmiah masih rendah,” kata Dedi Dwitagama di hadapan 150 guru peserta workshop asal Jabodetabek.
Dalam workshop ini, terpilih 3 judul proposal peserta yang dianggap memenuhi syarat untuk ditindak lanjuti penelitian lapangan. Masing-masing “Kunjungan Ke Pengusaha Kecil Sebagai Upaya Menigkatkan Jiwa Entereupreuner Siswa SMA Al Muslim Kelas XII IPS” oleh Siti Mugi Rahayu S.Pd, Guru ekonomi, SMA Al Muslim.
“Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Mudzakkar dan Muannats Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 5 SDIT Islamiah Tahun Pelajaran 2011/2012 oleh Mulyana S.Pd.I.
“Penggunaan Alat Peraga Bukti-Bukti Transaksi Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Jurnal Umum Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Semester Genap di SMAN 1 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2012-2013″ oleh Nani Roslinda, S.Pd, M.Pd, guru akuntansi SMAN 1 Tambun Selatan.
(aliem/t/sir)
Teks Gbr-Dua naraumber juara kompetensi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tingkat Nasional, Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd dan Drs Dedi Dwitagama M.Sc memberi materi pada workshop PTK yang digelar Prima Edutama pimpinan Suparjan HR Kartono, event organizer (EO) yang peduli akan perkembangan pendidikan, di Aula SMAN 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.(nur aliem).
— —
Sumber:
http://www.infodiknas.com/masih-banyak-guru-belum-paham-ptk/
http://www.poskotanews.com/2012/02/19/masih-banyak-guru-belum-paham-ptk/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India